Musik
07 Desember 2015
Melepas Sepatu
Melepas Sepatu
Setahun lalu, Rayhan Sudrajat memutuskan mendalami kehidupan suku Dayak Ngaju. Lalu, ia berbagi pengalamannya dalam bentuk album musik "Alam Raya", dan diluncurkan di Kineruku bulan lalu. Dea Salamatahari menuliskan kesannya atas acara dan album itu untuk Pabrikultur.
musik
07 Desember 2015
Sisipus dan Nalar Hipster
Sisipus dan Nalar Hipster
Sebuah tajuk menggugat kegairahan Record Store Day di dunia, termasuk di Jakarta. Pada 2015, RSD di Indonesia digelar di delapan kota dan berpusat di Jakarta 18-19 April 2015. Tajuk galak itu ditanggapi Ibnu Nadzir, seorang peneliti LIPI, dengan beberapa pertanyaan dasar --misalnya, apakah ini tak lebih "hipster makan hipster"?
musik
07 Desember 2015
Setelah Debussy Mendengar Gamelan Jawa
Gambar diunduh dari flippkids.com
Jasa gamelan Jawa bagi musik modern. Penulis musik David Toop menekankan kaitan itu. Kita pun pernah melihat betapa asyiknya gamelan diolah jadi musik prog-rock dalam Indonesia.
musik
07 Desember 2015
Lupa Genjer-Genjer
Lupa Genjer-Genjer
Sebuah lagu selama Orde Baru jadi ikon momok PKI. Padahal lagu itu adalah lagu popular pada masanya, didengar orang banyak dalam berbagai versi. Bing Slamet salah satu penyanyinya yang paling popular. Di balik lagu ini, ada tragedi politik yang menimpa pembuatnya yang mulanya hanya hendak mensyukuri masakan istrinya.
musik
07 Desember 2015
Musik dan Makna Halal Haram
Musik dan Makna Halal Haram Bagi Saya
Beberapa musisi di skena indie dan mainstream mundur dari musik, dan ingin "mendalami agama". Di balik itu, mencuat kembali pertanyaan apakah musik haram?
Pabrikultur © 2015