Di Dalam Brankas Mufti Priyanka a.k.a Amenkcoy
Di Dalam Brankas Mufti Priyanka a.k.a Amenkcoy

Oleh SUNDEA


"Jangan bilang siapa-siapa kalau aku mabuk dan sedang mencari Tuhan."

 

***

 

Cancerian seperti sebuah brankas. Di balik cangkangnya, mereka mampu menyimpan apa saja. Untuk segala hal terkait perasaan, mereka adalah pencatat yang cermat. Itu sebabnya, mereka kerap butuh waktu panjang untuk menyembuhkan luka, tetapi juga mengingat kebaikan hingga sekecil-kecilnya dan lekat dengan orang-orang yang mereka kasihi.

 

Mufti Priyanka alias Amenkcoy adalah salah satu teman baik saya yang Cancerian. Pada salah satu episode hidup yang penuh curhat-curhatan, saya diizinkan melihat isi “brankas”-nya. Di sanalah saya jadi menyimpulkan bahwa Amenk representasi Cancer sejati. Itu sebabnya, saya ingin Kisah Si Kepiting direspons oleh seniman humble dan lembut hati ini.

 

Di sela berbagai kesibukannya sebagai dosen dan seniman, Amenk menyempatkan diri merespons Kisah Kesetiaan Si Kepiting. Setelah karyanya selesai, Amenk mengirim pesan melalui WhatsApp:

Duhh tapi ini ilustrasinya shallow pisan, dangkal melankolis gitulah. Gpp yah? Aku kirim dulu.

 

Ketika menerima karya Amenk, salah satu kalimat pada ilustrasinya langsung menarik perhatian saya:

"Jangan bilang siapa-siapa kalau aku mabuk dan sedang mencari Tuhan."

 

Halah! Shallow dari mananya, coba?

 

Karya berjudul “Aku Sangat Merindukan Kamu” ini sungguh Cancer adanya dan naratif seperti drawing Amenk yang lainnya. Berkisah tentang pemuda rocker yang menyimpan kesenduan mendalam akibat putus cinta, Amenk menulis begini:

Dia sangat setia dengan cinta terakhirnya yang kandas akan latar belakang berbeda atas kaya dan miskin, dia terpukul sangat mendalam dan begitu melankoli menyeruak henyak dalam hati.

 

***


 


Amenk datang untuk taping Podcast pada suatu akhir pekan. Dalam obrolan kami, saya jadi tahu. Pemuda yang menjadi tokoh drawing Amenk punya kisah yang lebih sedih lagi daripada apa yang dituliskan Amenk dalam surel.

 

“Ceritanya si orangnya (pacar si pemuda) sudah meninggal. Dia sedih karena pasangannya sudah tidak ada lagi di dunia ini,” cerita Amenk.

 

Kami lantas membahas pemuda yang katanya fiktif, tetapi ternyata punya karakter nyata seperti teman sendiri. Ia punya jenis musik dan style yang khas. Ia sosok yang kontras. Baik dengan zaman maupun kesan yang ia tampilkan di luar.

 

Di dalam kamar yang personal, ia yang setia belum berhasil move on dari yang terkasih. Ia sedang mabuk dan tidak bisa menemukan dirinya sendiri. Ia mencari Tuhan.

 

“Tuhan mendefinisikan hal yang satu, tunggal. Aku ngerasa bisa dianalogikan sebagai diri kita sendiri,” papar Amenk. Dalem enggak, sih? Dalem kaaan….

 

Selanjutnya Amenk bercerita mengenai kesibukannya sehari-hari, Sleborz, kedekatannya dengan sang Ibu, dan yang seru, menjawab pertanyaan teman-teman seputar Cancer.

 

Karena Cancer pintar menyimpan, cukup banyak yang sulit memahami isi hati keluarga kepiting ini. Nah. Semua pertanyaan dijawab langsung dari sudut pandang Cancerian oleh Amenkcoy sendiri.

 

Kepiting yang menjadi lambang Cancer bersetia pada yang mereka yang dekat di hati. Ia rela mengorbankan diri untuk Hera yang dikasihinya. Kebaikan sang Kepiting adalah sesuatu yang berharga untuk Hera. Itu sebabnya, setelah sang Kepiting meninggal dunia, pada akhirnya ia menggantungkan sang Kepiting di langit sebagai bentuk tertinggi ucapan terima kasihnya.

 

Pemuda rocker dalam karya Amenk bersetia kepada si dia yang dekat di hati. Ia rela memeluk kesendirian saat kekasihnya meninggalkan dunia. Seperti Hera, ia mungkin menggantungkan Sang Kekasih di langit yang tinggi. Sebab, dalam karyanya, Amenk menulis:

“Mega berarak menggoda angan ini mengingat wajahmu yang jauh bertabur manisnya kejora.

 

Katanya, ia sedang mencari Tuhan yang satu. Tuhan yang sering disebut-sebut ada di tempat tinggi.

 

Jika hati sang Rocker dan kekasihnya adalah satu, apakah dalam mencari Tuhan berarti ia mencari kekasihnya juga?

 

Setelah on air, obrolan off air bersambung di teras rumah….

 

Zombi datang, semua senang,

Dukun Zombi

 

Kupingi obrolan seru Dukun Zombi dan Amenk seputar di segmen Zodiak Gembira Podluck Podcast.  Kunjungi karya-karya Amenk di @amenkcoy.

30 Juli 2018
Dilihat sebanyak
438 Kali
Lainnya...
@prabuperdana dan @francessa__: Generasi Pluto di Scorpio, Pohon, dan Akar
@prabuperdana dan @francessa__: Generasi Pluto di Scorpio, Pohon, dan Akar
Rahasia Venus pada Pasta Hibrida @anasthaeka
Rahasia Venus pada Pasta Hibrida @anasthaeka
Reuni Dukun Zombi dan @r_hakim
Reuni Dukun Zombi dan @r_hakim
 1 2345     >>>
Pabrikultur © 2015