Klub Menulis Kamisan Pabrikultur
Klub Menulis Kamisan Pabrikultur
Sejak Februari 2015, diam-diam Pabrikultur mengadakan pertemuan yang diupayakan rutin bertajuk Klub Menulis Kamisan Pabrikultur. Sebetulnya, klub atau forum ini lebih tepat mirip seperti Kelompok Alcohol Anonymus (AA), yakni model dukungan grup untuk setiap anggotanya mengatasi kecanduan alkohol.

Dalam Klub Kamisan, bukan kecanduan alkohol yang ingin diatasi, tapi kebuntuan menulis. Secara bercanda, kami menyebutnya sebagai grup dukungan untuk menjadi kecanduan menulis. Atau, ingin bebas dari kecanduan tidak menulis, agar bisa kecanduan menulis. 

Sebetulnya, bentuk klub ini sederhana saja. Para peserta bergabung dengan menyampaikan proyek menulis masing-masing. Anggota awal, Ardi Yunanto, Krisnadi Yuliawan, dan Hikmat Darmawan, sebetulnya sehari-hari sibuk di bidang yang terkait dengan penulisan juga. Hanya saja, jika hendak menulis buku, butuh upaya lebih. 

Setelah masing-masing menyampaikan proyek yang hendak digarap di dalam forum, dengan membatasi target penulisan sekitar empat bulan, maka mereka menyampaikan rencana kerja mereka, dan berjumpa dua minggu sekali untuk menyampaikan kemajuan dan hambatan mereka dalam menulis sebagaimana yang ditargetkan. 

Klub Menulis Kamisan ini sebetulnya sebuah pemanasan bagi kegiatan-kegiatan yang nantinya ada di bawah payung Rumah Penulis Pabrikultur. Semangat utama Rumah Penulis Pabrikultur adalah memfasilitasi para penulis dan kegiatan penulisan. Program-program Rumah Penulis Pabrikultur sedang disusun, sebagaimana sedang disusun juga perpustakaannya agar lebih bisa mendukung para penulis yang hendak difasilitasi oleh Pabrikultur.

Sementara ini, Klub Menulis Kamisan bersifat cukup cair. Pertemuan 19 Maret 2015, diramaikan kedatangan Evrin, peneliti muda dari UI; Anastha Eka, salah seorang kontributor Pabrikultur; dan Ifan Adriansyah Ismail, yang banyak menulis skenario film, sinetron, dan FTV. ***
23 Maret 2015
Dilihat sebanyak
1808 Kali
Lainnya...
Mati
Mati
Bernegara di Dunia Internet
Bernegara di Dunia Internet
Pabrikultur © 2015